Public Relation Management

Posted by








Sebagai salah satu akibat dari kemajuan tehnologi yang mampu merubah tatanan kehidupan manusia, Public Relations atau PR sudah merupakan fenomena dan sekaligus kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi. Dalam dunia usaha maupun organisasi lainnya, Public Relations (hubungan masyarakat) kini telah menjadi bahan yang tidak terpisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan.
Kegiatan PR yang meliputi berbagai fungsi, konsep dan tehnik-tehnik pelaksanaannya telah berkembang menjadi ‘suatu lembaga’ yang dianggap harus ada untuk mendampingi organisasi, apapun bentuk organisasi tersebut.
Sekarang ini, kehidupan sudah menjadi sedemikian kompleksnya, sehingga apa yang dikatakan atau apa yang dikehendaki, agar bisa terpenuhi, manusia maupun organisasi mutlak mendapatkan pengertian atau bahkan kalau mungkin dukungan dari pihak lain, terhadap apa yang dinyatakan. Pengertian, – apalagi dukungan -, dari berbagai pihak yang latar belakangnya bervariasi, makin lama makin sulit untuk didapatkan. Apa yang sering dilakukan adalah menberitahukan kepada khalayak umum tentang ‘siapa dan bagaimana diri kita’. Kegiatan semacam ini, lazimnya disebut PUBLISITAS, yang merupakan salah satu tahap dari keseluruhan kerja PR.
Dalam perkembangannya, PR tidak lagi hanya berfungsi memberitahukan kepada pihak lain tentang siapa dan bagaimana diri kita, tetapi juga memberitahukan kepada ‘kita’ tentang apa dan bagaimana pendapat atau pikiran lain terhadap ‘diri kita’.
Dengan demikian kita menjadi mampu merencanakan tindak lanjut dalam usaha kita mencapai tujuan organisasi yang meliputi apa yang harus dilakukan, bagaimana caranya dan dengan sarana apa sebagai pendukung. Seluruh kegiatan tersebut merupakan mata rantai kerja PR. Jadi, diperlukan usaha peningkatan ketrampilan untuk merancang dan mempengaruhi publik, yang dapat dilakukan dengan mengikuti suatu seminar intensif.

MATERI TRAINING PUBLIC RELATION

Sessi 1 : Peranan Public Relations dalam operasi perusahaan
Ø  Fungsi dan peranan PR
Ø  Manfaat Public Relations
Ø  Kedudukan PR dalam organisasi

Sessi 2 : Psikologi Public relations
Ø  Dua faktor karakteristik masyarakat sasaran
Ø  Psikolosi pesan dan strukturnya
Ø  Sistem komunikasi antar individu (interpersonal communications)

Sessi 3 : Manajemen dan kode etik Public Relations
Ø  Menyadari sasaran umum PR
Ø  Tahap-tahap yang dibutuhkan
Ø  Kode etik IPRA
Ø  Kode etik Perilaku berdasarkan sidang IPRA

Sessi 4 : Perencanaan Kerja PR
Ø  Proses kegiatan PR
Ø  Langlah-langkah kegiatan
Ø  Hambatan – hambatan

Sessi 5 : Management Crisis
Ø  Apa itu krisis
Ø  Katagori krisis dan bentuknya
Ø  Manajemen Krisis dan Citra Perusahaan/Lembaga/Institusi
Ø  Penanggulangan Krisis
Ø  Pra, Masa dan setelah Krisis

 Sessi 6 : Corporate Image Identity
Ø  Membentuk opini publik
Ø  Hal membentuk citra perusahaan/lembaga/institusi
Ø  Sifat dari opini publik

Sessi 7 : Protokoler
Ø  Pengertian Protokoler dan hubungan dengan kegiatan PR
Ø  Pemahaman tentang tatatertib dan etiket ke-protokoler-an
Ø  Ruang lingkup tugas kegiatan protokol.
Ø  Tata krama Pergaulan Bisnis, dasar pelaksanaan protokol
Ø  Persiapan-persiapan fisik



 Sessi 8 : Public Speaking and Master of Ceremony
Ø  Thema acara: keperluan petugas Master of Ceremony
Ø  Master of Ceremony dalam upacara
Ø  Acara Resmi, Semi Resmi, Acara Hiburan
Ø  Bahasa Protokoler-Resmi dan Bahasa Komunikatif Table Manner

Sessi 9 : Media Relations, Press Release dan Pidato
Ø  Pengertian dan kegiatan
Ø  Menulis Press Release
Ø  Jenis-jenis pidato
Ø  Pidato, format dasar-general model dan model rinci

Sessi 10 : Press Conference – tindak lanjut Media Relations
Ø  Mengapa Press Conference
Ø  Beberapa ‘tipe’ penyelenggaraan
Ø  Aktifitas yang terjadi

Sessi 11 : PR dan Marketing Service
Ø  Prinsip-prinsip dasar
Ø  Faktor-faktor utama
Ø  Pengembangan strategi komunikasi pemasaran
Ø  Model-model strategi komunikasi pemasaran

Sessi 12 : Perilaku Konsumen (Customer Behavior)
Ø  Menentukan target audience
Ø  Karakteristik konsumen
Ø  Beberapa elemen dasar dari proses conditioning

INFORMASI TRAINING

Sutono 
0274 9665083
0882 1613 4881
0812 2650 6983
0878 9809 0747 

PIN BB: 5385A408  


Blog, Updated at: 20.43

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Us

Beritraining adalah blog penyedia layanan informasi mengenai training dan sertifikasi baik dari BNSP maupun dari Kemenakertrans RI. Apabila membutuhkan informasi lebih rinci bisa menghubungi kami: Phone : 0274-965083 Mobile: 0878-9809-0747