TEKNIK
COACHING AND COUNSELING
coaching merupakan proses
mengarahkan dari seorang manager untuk melatih dan mengorientasikan seorang
karyawan untuk menghadapi realitas lingkungan pekerjaan dan membantu karyawan
menghilangkan kendala-kendala untuk mencapai kinerja yang optimal. Sementara
counseling berarti suatu proses yang mendukung dari seorang manager untuk
membantu seorang karyawan mendefinisikan dan mengatasi masalah pribadi atau
perubahan organisasi yang dapat mempengaruhi kinerja. Sementara counseling lebih berkaitan dengan masalah pribadi
karyawan. Keberhasilan pemimpin dalam melakukan coaching dan counseling akan
menjadi pendorong meningkatnya kinerja karyawan. Keberhasilan
kepemimpinan adalah keberhasilan tim, keberhasilan organisasi secara
keseluruhan. Jika seorang pemimpin mampu meningkatkan kinerja pribadi setiap
karyawan, yang berpengaruh positif terhadap kinerja tim kerja dan perusahaan
secara keseluruhan, di situlah makna keberhasilan kepemimpinan.
Dalam sabuah perusahaan, Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan
aset perusahaan yang paling berharga. Dalam kesehariannya, ketika SDM
berinteraksi dengan atasan, sesama karyawan atau berinteraksi dengan lingkungan
pekerjan, SDM sering menghadapi masalah dan kasus yang kadang tidak ringan dan
tidak kunjung terselesaikan. Masalah dan kasus yang tidak
terselesaikan dengan baik akan mengundang masalah baru yang akhirnya akan ada
penumpukan masalah-masalah. Dengan demikian, SDM perlu diberi bimbingan dan
konseling yang sesuai dengan masalah yang sedang dan akan terjadi. Dengan adanya
bimbingan dan konseling yang baik, SDM diharapkan dapat menyelesaikan persoalan
dan kasus dengan baik pula. Kegiatan bimbingan dan konseling akan membantu
karyawan/SDM di perusahaan untuk bisa berkerja lebih tenang, lebih produktif
dan efektif.
Berangkat dari hal tersebut NEO
Talenta consulting & training memberikan pelatihan COACHING AND COUNSELLING.
MATERI
Sesi 1.
·
Pemahaman tentang
Coaching & Counseling
·
Perbedaan konsep
antara Coaching & Counseling
·
Memahami
prinsip-prinsip Coaching & Counseling dalam kaitannya dengan performance
Management.
Sesi 2.
·
Interpersonal Skill
dalam Coaching & Counseling
·
Ciri Coach &
Counselor yang effective
·
Self assessment
sebagai Coach & Counselor
Sesi 3.
·
Ketrampilan
Komunikasi dalam Coaching & Counseling
·
Bagaimana mendengar
active dan ber-empati dalam Coaching & Counseling
·
Jenis-jenis Coaching
dan penggunaannya.
Sesi 4.
·
Memberikan umpan
balik dalam Coaching & Counseling
·
Umpan balik positive
dan umpan balik konstruktive
·
Bagaimana umpan balik
yang effective dalam rangka Coaching & Counseling
Sesi 5.
·
Bagaimana menghadapi
pribadi yang sulit
·
Bagaimana menghadapi
situasi yang sulit
·
Bagaimana memotivasi
dalam rangka Coaching & Counseling
Sesi 6.
·
Bagaimana membantu
memecahkan problem factual yang dihadapi karfyawan
·
Bagaimana membantu
karyawan dalam mengambil keputusan yang tepat
·
Membantu memodifikasi
perilaku yang lebih sesuai
Sesi 7.
·
Persiapan untuk
Coaching & Counseling yang terstruktur
·
Merencanakan isi
/content yang akan dibicarakan dalam
·
CoaChing &
Counseling
Sesi 8.
·
Simulasi / skill
practice Coaching & Counseling problem
PESERTA
Semua staf dan karyawan di semua bagian, terutama karyawan/staf
dan pimpinan di departemen sumber daya manusia, khususnya di bagian DIKLAT.
METODE
Kegiatan
pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang
disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia
kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:
1. Presentation
2.
Discuss
3.
Case
Study
4.
Evaluation
VENUE
HOTEL IBIS DEWI SRI BALI
IHT ? (Depend ond Request)
INFORMASI DAN PENDAFTARAN
Jl. K. H. Ali Maksum, Sewon, Bantul, Yogyakarta 55188
|| www.neotalenta.com ||
Phone |0274
– 9665083
Fax |0274 - 4531080
Email |tono.neotalenta@gmail.com
|| www.pusattraining.com ||
CP | SUTONO
081226506983 || 087898090747 || PIN 5385A408
0 komentar:
Posting Komentar